Minggu, 06 Maret 2011

Ayam Pelung

          Ayam Pelung adalah jenis ayam buras khas jawa barat tepatnya adalah kota Cianjur. Ayam yang mempunyai ciri khusus yakni mempunyai kokok yang panjang ( baca : melung (jawa ) ) khusus yang pejantan. Yang betinapun juga bisa berkokok namun tidak panjang sebagaimana yang jantan. Di samping mempunyai ciri kokok yang panjang, ayam Pelung juga memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dari ayam buras lainnya, bahkan ada yang sampai di atas 5 kg per ekor.
          Di daerah asalnya ini ( Jawa Barat ), ayam Pelung menjadi Aset daerah yang menguntungkan, bahkan untuk menjaga aset ini pihak pemerintah daerah selalu menyelenggarakan lomba ayam Pelung. Ayam Pelung yang masuk dalam daftar ayam kelas harganya bisa sampai jutaan bahkan sampai harga Rp 20 jt.
Namun dalam perkembangannya sampai saat ini, ciri-ciri di atas tidak menjadi pakem. Hal ini disebabkan banyak orang yang telah membudidayakan ayam Pelung ini, bahkan di luar daerah asal ayam Pelung ( Cianjur ) sebagaimana pak Abu yang tinggal di Dusun Pundung (Perung ) Tirtomartani Kalasan Sleman Yogyakarta.
Dan mereka ada yang hanya menjadikan bisnis sampingan dalam membudidayakan ayam Pelung tsb sehingga tidak menjaga kualitas. Karena bagaimanapun bisnis ayam Pelung ini masih menguntungkan. Hal inilah yang menyebabkan pak Abu untuk membudidayakan ayam Pelung yang berkualitas. Dengan bekal semangat dan optimis pak Abu mengambil indukan dan bibit ayam Pelung yang berkualitas dari Jawa Barat. Dan Alhamdulillah sampai saat ini sudah berkembang, pak Abu setiap bulannya bisa menjual bibit ayam Pelungnya yang berumur 1 bulan.Harga perekor antara Rp 35.000,- s/d Rp 45.000,-
Bagi para peminat ayam Pelung bisa pesan/menghubungi : Pak Abu (0274 6802059 ) bisa diantar ( beaya antar gratis untuk DIY minimal 10 ekor )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar